Jumat , 17 September 2021 ~ 08:20 GMT+0700
Beranda / Pendidikan / Peminat Tahfizh Alquran di Kelurahan Manggis Ganting Kota Bukittinggi Meningkat, Ini Kata Shabirin Rachmat
Foto: Ketua LPM Kelurahan Manggis Ganting, Shabirin Rachmat

Peminat Tahfizh Alquran di Kelurahan Manggis Ganting Kota Bukittinggi Meningkat, Ini Kata Shabirin Rachmat

Redaksi | Selasa 30 Maret 2021.

BUKITTINGGI, Figurindonesia.com – Peminat Tahfizh Alquran di Kelurahan Manggis Ganting meningkat, sebanyak 20 orang telah diwisuda, dan sekarang ada 48 orang pendaftar baru.

Hal ini disampaikan Ketua LPM Kelurahan Manggis Ganting Shabirin Rachmat di Gedung DPRD Kota Bukittinggi Sumatra Barat. Selasa (30/3/2021).

“Setiap tahun di Kelurahan Manggis Ganting tersebut selalu melaksanakan Khatam Quran yang diikuti puluhan peserta umur 11 hingga 12 tahun, pada umumnya mereka berhenti sampai disitu saja,” ujarnya.

Lanjut Shabirin mengatakan, sertifikat Madrasah Diniyyah Awaliyyah (MDA) sebagai persyaratan masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), hanya sedikit saja dari mereka yang mengikuti thahfizh dengan bermacam kendala.

“Dalam pertemuan Niniak mamak, Alim Ulama, LPM , Lurah dan masyarakat, timbullah pemikiran untuk membentuk wadah menampung anak-anak yang telah khatam setelah belajar tahfizh Alquran tersebut,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya telah berhasil diikuti sebanyak 20 orang, mereka ini hafal Alquran 30 jus dan telah diwisuda di Masjid Al Husta Manggih Gantiang.

“Keberhasilan pertama ini telah menarik minat anak-anak, sekarang pendaftaran baru sebanyak 48 orang. Semua kegiatan ini sumber dananya dari masyarakat baik yang ada di Manggih Gantiang maupun yang berada diperantauan,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi kepada Niniak Mamak, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat yang telah berhasil membina generasi muda menjadi Hafizh Alquran.

“Dana yang terhimpun digunakan untuk honor guru, pakaian seragam maupun peci, semuanya gratis. Alhamdulillah ternyata anak-anak cukup cerdas-cerdas,” imbuhnya.

Pihaknya melihat mereka bisa hafal lagu barat serta liriknya tanpa kesulitan, setelah mengikuti Tahfizh Alquran mereka juga mampu hafal 30 Jus. tutup Shabirin mengakhiri. (Ed)

Share:

Baca Juga

Pengumuman, Pendaftaran CPNS 2021 

Redaksi | Jumat, 19 Februari 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Penerimaan CPNS 2021 akan segera dibuka. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =