Jumat , 17 September 2021 ~ 07:25 GMT+0700
Beranda / Pendidikan / Apa itu PPPK
Illustrasi

Apa itu PPPK

Redaksi | Kamis, 01 Juli 2021

JAKARTA, Figurindonesia.com – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian kerja atau PPPK atau bisa disingkat dengan P3K adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja dan dalam jangka waktu tertentu. P3K merupakan bagian dari ASN, sama seperti PNS.

Pengertian mengenai PPPK tertuang dalam Pasal 7 UU Nomor 5 Tahun 2014. PPPK adalah pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-undang.

Berbeda dengan PNS, PPPK bukan pegawai tetap di pemerintahan. Sebagaimana statusnya yang tidak tetap, fasilitas yang didapatkan tentu berbeda dengan PNS. Berdasarkan Pasal 22 UU Nomor 5 Tahun 2014, hak yang diterima oleh PPPK antara lain gaji dan tunjangan, cuti, perlindungan, dan pengembangan kompetensi.

Fasilitas ini sedikit berbeda dengan PNS yang mendapat jaminan pensiun dan jaminan hari tua. Selain itu yang membedakannya lagi dengan PNS, PPPK tidak mendapat NIP secara nasional karena statusnya yang bukan pegawai tetap.

Status kepegawaian PPPK juga dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu PPPK guru dan PPPK Non Guru. PPPK Guru dalam seleksi CASN 2021 dapat diisi oleh:

  1. Tenaga Honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud;
  2. Guru Honorer eks THK-2;
  3. Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang tidak mengajar.

Sementara PPPK Non Guru akan ditempatkan di sektor resmi pemerintahan baik pusat maupun daerah.

Share:

Baca Juga

Pengumuman, Pendaftaran CPNS 2021 

Redaksi | Jumat, 19 Februari 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Penerimaan CPNS 2021 akan segera dibuka. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 5 =