Senin , 20 September 2021 ~ 06:21 GMT+0700
Beranda / Hukum / Truck dan Trailler Parkir Malam dan Siang Hari Dibahu Jalan Utama Jl. TB Simatupang. Parkir Dengan Bebas Tanpa Ada Larangan Dari Dishub Maupun dari Polisi Lalu Lintas

Truck dan Trailler Parkir Malam dan Siang Hari Dibahu Jalan Utama Jl. TB Simatupang. Parkir Dengan Bebas Tanpa Ada Larangan Dari Dishub Maupun dari Polisi Lalu Lintas

Redaksi | Minggu, 17 Januari 2021 | Jam 08:00 WIB.

JAKARTA, Figurindonesia.com – Jakarta yang katanya rawan macet sebahagian pengguna jalan pengusaha maupun perorangan terkesan melakukan pembiaran dan terlihat dilakukan dengan cara sengajah, kita bisa lihat langsung di lapangan seperti pantauan awak media di lapangan pada malam dan siang hari beberapa truck dan trailler tetap parkir tanpa ada larangan dari polisi lalu lintas maupun dari Disbub, dan ini sangat mengganggu kelancaran arus lalulintas di jalan raya utama TB Simatupang dari arah keluar pintu tol menuju pondok labu, lebak bulus dan arah cipete antasari, 100 meter sebelum perempatan lampu merah RSUP Fatmawati. Minggu (17/01/2021)

Foto: Truck-truck dan Trailler yang parkir di bahu jalan TB Simatupang (doc: figurindonesia.com)

Trailler dan beberapa Truck yang parkir di bahu jalan TB Simatupang bertuliskan PT. Cipta Mas Perkasa (CMP), parkir pada malam hari dan di siang hari. Ttruck dan trailler di kawal beberapa oknum aparat berbaju loreng TNI terlihat seperti dari oknum angkatan darat, truck dan trailler parkir tanpa ada yang melarang, tanpa merasa beban bahwa yang dilakukan parkir di bahu jalan sangat menggaggu kelancaran arus lalulintas.

Larangan parkir di bahu jalan ternyata tidak di indakan bagi t railler dan truck yang bertuliskan PT. Cipta Mas Perkasa mungkin karena beranggapan sudah di kawal beberapa oknum aparat dari TNI.

Parkir di bahu jalan telah menyalhi prosedur yang telah diatur dan termasuk sanksinya, sebagaimana diatur dalam peraturan, berikut penjelasan:

Pasal 140 Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Penataan Lalulintas di Ibu Kota DKI Jakarta di jelaskan pada poin dua:

(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.

Sanksi Parkir di Sebagian Jalan Menurut Peraturan Daerah

Parkir di ruang milik jalan untuk fasilitas parkir hanya dapat diselenggarakan di jalan kolektor dan jalan lokal berdasarkan kawasan (zoning) pengendalian parkir yang ditetapkan oleh gubernur.

Dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) bagi setiap orang dan/atau badan usaha dengan sengaja menggunakan ruang milik jalan untuk fasilitas parkir di luar jalan kolektor dan jalan lokal.

Dasar Hukum:

1.  Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

2. Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan.

3. Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 111 Tahun 2010 tentang Tempat Parkir Umum di Lokasi Milik Pemerintah Daerah sebagaimana yang telah diubah oleh Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 64 Tahun 2011.

4. Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran.

Share:

Baca Juga

Aturan PPKM Banyak Petugas Tak Pahami Secara Baik Dilapangan?

Redaksi | Kamis 8 Juli 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Komandan Paspamres (Danpaspampres) Mayor Jenderal Agus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + eight =