Jumat , 17 September 2021 ~ 08:54 GMT+0700
Beranda / Hukum / Siapa Membangkang Perintah Presiden Jokowi? Terkait 75 Pegawai KPK
Ketua KPK Firli Bahuri dan Presiden Joko Widodo.

Siapa Membangkang Perintah Presiden Jokowi? Terkait 75 Pegawai KPK

Redaksi | Sabtu, 29 Mei 2021.

JAKARTA, Figurindonesia.com – Presiden Jokowi telah memberikan perintah, bahwa hasil tes wawasan kebangsaan tidak serta merta dijalankan alasan untuk memberhentikan 75 pegawai KPK.

Hasil tes itu harus dijadikan masukan untuk perbaikan KPK, Presiden Jokowi memberikan perintah terbuka yang didengar publik soal kisruh di tubuh KPK.

Perintah Presiden itu sejalan dengan pertimbangan dalam putusan Mahkamah Konstitusi. Putusan MK itu mengatakan, alih status itu tidak boleh merugikan kepentingan para pegawai KPK yang sudah berjasa pada lembaga itu.

Putusan MK itu final dan mengikat. Ada juga gentlemen agreement antara Komisi III DPR dan Pemerintah, dalam revisi UU KPK, mengutip seorang anggota Komisi III bahwa alih status pegawai KPK menjadi ASN bukan untuk menyingkirkan pegawai KPK, kecuali jika pegawai KPK tidak mau beralih status ASN.
Perintah Presiden, putusan MK, dan gentlemen agreement antara Komisi III DPR itu begitu terang dan terbuka.

Namun nyatanya, KPK yang dipimpin Komisaris Jenderal Polisi Firli Bahuri mengambil keputusan berbeda.

Pimpinan KPK bersama Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Kementerian Hukum dan HAM, tetap memberhentikan 51 pegawai KPK yang punya catatan merah.

Tanpa penjelasan lebih lanjut, catatan merah dari asesor itu menegaskan, 51 pegawai KPK tidak bisa dibina lagi menjadi ASN.

Sedangkan 24 pegawai lainnya akan mengikuti pendidikan bela negara, meskipun belum tentu akan menjadi ASN. Sumber: opini Kompastv

Share:

Baca Juga

Aturan PPKM Banyak Petugas Tak Pahami Secara Baik Dilapangan?

Redaksi | Kamis 8 Juli 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Komandan Paspamres (Danpaspampres) Mayor Jenderal Agus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − six =