Senin , 20 September 2021 ~ 07:22 GMT+0700
Beranda / Figur Tokoh / Kisruh Dua Kubu Partai Demokrat Ujian bagi Kemenkumham: Keadilan Atau Keberpihakan?

Kisruh Dua Kubu Partai Demokrat Ujian bagi Kemenkumham: Keadilan Atau Keberpihakan?

Redaksi | Rabu, 18 Maret 2021 | Jam 00:30 WIB

JAKARTA, Figurindonesia.com – Dualisme kepengurusan sebuah partai politik sering terjadi di Indonesia. Beberapa partai politik yang pernah mengalaminya di antaranya PPP, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Berkarya. Kemenkumham menjadi penentu kepengurusan partai.

Kini, dualisme itu melanda Partai Demokrat setelah mereka yang kontra dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menetapkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko sebagai ketua umum Partai Demokrat melalui Kongres Luar Biasa (KLB) di Sibolangit, Deliserdang, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Nah, konflik di Partai Demokrat itu dinilai menjadi ujian bagi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), apakah kementerian yang dipimpin oleh Yasonna Laoly itu memihak kepada kubu Moeldoko hasil KLB di Sibolangit atau kubu AHY.

“Yup. Ujian keberpihakan. Ujian menegakkan keadilan,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin kepada awak media, Rabu (17/3/2021).

Ujang mengatakan, mata seluruh rakyat Indonesia sedang mengawasi Kemenkumham. “Apakah akan berbuat adil atau sewenang-wenang. Prinsip keadilan mesti ditegakkan untuk menjaga kepastian hokum,” ujar Ujang.

Hal senada dikatakan oleh Pengamat Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam. “Soal konflik Demokrat apakah jadi ujian Kemenkumham tentu benar. Ini karena konflik ini menguji independensi dan kredibilitas kemenkumham. Karena itu, konflik partai demokrat menjadi ujian bagi kemenkumham apakah bisa bekerja dengan independen dan profesional atau apakah menjadi sekadar alat politik belaka,” pungkasnya

Share:

Baca Juga

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Terbukti Langgar Etik Berat

Redaksi | Senin, 30 Agustus 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 12 =