Kamis , 29 Juli 2021 ~ 06:50 GMT+0700
Beranda / Figur Tokoh / Usman Hamid Kritik Presiden Jokowi Terkait Upaya Pelemahan KPK
Foto: Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid, S.H., M.Si

Usman Hamid Kritik Presiden Jokowi Terkait Upaya Pelemahan KPK

Redaksi | Sabtu, 12 Juni 2021 | Jam 00: 25 WIB.

JAKARTA, Figurindonesia.com – Amnesty Internasional Indonesia mengkritik Presiden Joko Widodo terkait upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid, saat menjadi narasumber dalam webinar membahas pemecatan 51 pegawai KPK, pada Selasa lalu, (8/6/2021).

Usman menyebut janji yang pernah diucapkan oleh Presiden Jokowi terkait penguatan KPK. Usman juga menyinggung kembali beberapa gestur politik yang pernah dilakukan Jokowi terkait dukungannya ke KPK.

“Betapa situasi yang sekarang ini menggambarkan pelemahan yang paling luar biasa dari KPK. Kita tahu Jokowi menjanjikan penguatan KPK 10 kali lipat. Dia mendatangi KPK, berkonsultasi daftar para Menteri. Dia memenuhi permintaan KPK mengembalikan barang berupa alamt musik yang diduga gratifikasi ke KPK,” ucap Usman.

Usman mengatakan, yang terjadi saat ini justru kebalikan dari apa yang pernah dijanjikan Jokowi tentang dukungannya kepada KPK.

“Tapi yang terjadi dalam tahun-tahun pemerintahannya, kebijakan Jokowi justru menjauhkan sejumlah elit politik yang terimplikasi korupsi berada di luar jangkauan KPK. Ia membiarkan tidak adanya proses penghukuman yang benar dan pencegahan serangan-serangan terhadap penyidik, penyelidik, anggota dan pimpinan KPK,” lanjutnya.

Share:

Baca Juga

Kalau PPKM Darurat Diperpanjang, Sekjen GPI: Lebih Baik Presiden Mundur!

Redaksi | Senin 19 Juli 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Sebuah permintaan diajukan Sekretaris Jenderal (Sekjen) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *