Jumat , 17 September 2021 ~ 09:01 GMT+0700
Beranda / Figur Tokoh / PPKM Level 4 Secara Resmi Diperpanjang Lagi hingga 9 Agustus 2021
Presiden Jokowi mengumumkan status PPKM Level 4 yang diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. /Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden. Senin (2/8/2021)

PPKM Level 4 Secara Resmi Diperpanjang Lagi hingga 9 Agustus 2021

Redaksi | Senin, 02 Agustus 2021 | Jam 20:10 WIB.

JAKARTA, Figurindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan keputusan terkait PPKM Level 4, Senin 2 Agustus 2021.

Penyampaian keputusan perpanjangan PPKM Level 4 ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi menyampaikan perkembangan terkini dan teranyar dari proses diberlakukannya PPKM Level 4 di zona yang masih banyak tercatat kasus positif Covid, serta PPKM di level lainnya.

Sebelumnya, Jokowi menyebut bahwa pilihan masyarakat antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat Covid-19 dan juga menghadapi ancaman ekonomi tentu juga merupakan pilihan yang sama dengan pemerintah.

“Pilihan masyarakat dan pemerintah adalah sama. Antara menghadapi ancaman keselamatan jiwa akibat Covid-19 dan menghadapi ancaman ekonomi, kehilangan mata pencaharian dan pekerjaan” tutur Jokowi.

“Untuk itu, gas dan rem harus dilakukan. Secara dinamis. Sesuai perkembangan penyebaran Covid-19 di hari-hari terakhir,” sambungnya.

Jokowi juga menegaskan bahwa pemberlakuan kebijakan tidak bisa menggunakan satu kebijakan saja dalam durasi yang terlalu lama atau terlalu panjang.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa harus ada langkah penentuan skala pembatasan atau derajat pembatasan untuk mobilitas masyarakat.

“Kita tidak bisa membuat kebijakan yang sama dalam durasi yang panjang. Kita harus menentukan derajat pembatasan mobilitas masyarakat. Sesuai dengan data di hari-hari terakhir agar pilihan kita tepat. Baik untuk kesehatan mau pun untuk perekonomian,” ujarnya.

Jokowi mengatakan bahwa hal tersebut membuat pemerintah harus tetap melakukan kebijakan secara bertahap dan memberlakukan sistem derajat pembatasan mobilitas masyarakat.

“PPKM Level 4 yang diberlakukan tanggal 26 Juli 2021 sampai dengan 2 Agustus kemarin, telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya,” tutur Jokowi

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi dengan data yang diberikan tentang kasus Covid-19 harian yang semakin menurun, tingkat kesembuhan, dan persentase Bed Occupancy Rate (BOR) yang semakin menunjukkan penurunan.

“Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan beberapa indikator kasus pada minggu ini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten, kota, tertentu,” kata Jokowi.

Share:

Baca Juga

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Terbukti Langgar Etik Berat

Redaksi | Senin, 30 Agustus 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + sixteen =