Senin , 20 September 2021 ~ 05:42 GMT+0700
Beranda / Figur Tokoh / Pimpinan KPK Mangkir, Tak Hadiri Panggilan Komnas HAM Soal Dugaan Pelanggaran Hak Asasi, Terakit PolemiK TWK
Foto: Keua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Pimpinan KPK Mangkir, Tak Hadiri Panggilan Komnas HAM Soal Dugaan Pelanggaran Hak Asasi, Terakit PolemiK TWK

Redaksi | Rabu, 9 Juni 2021.

JAKARTA, Figurindonesia.com – Pemanggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengenai dugaan Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam proses Tes Wawasan Kebangsaan yang merupakan syarat alih status pegawai KPK. Permintaan penjelasan itu telah disampaikan KPK dalam surat yang disampaikan kepada Komnas HAM pada Senin (7/6/2021).

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak menghadiri panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Pemanggilan itu terkait laporan para pegawai KPK yang menyebut adanya dugaan pelanggaran HAM dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) yang berujung diberhentikannya 51 pegawai KPK. Ketidak hadiran Ketua KPK Firli Bahuri Cs, memicu munculnya reaksi ramai. Beragam statemen muncul dari berbagai kalangan.

Pimpinan KPK Firli Bahuri Cs mendapat pemanggilan dari Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) atas adanya laporan dugaan pelanggaran HAM dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Sedianya, Firli Cs harus hadir ke Komnas HAM pada Selasa (8/6/2021) kemarin. Namun, para pemimpin KPK itu memilih untuk mangkir.

Koordinator Amnesty International, Usman Hamid, meminta komnas ham menggunakan kewenangan untuk memanggil paksa ketua KPK Firli Bahuri, terkait pemberhentian 75 pegawai KPK.

Hal ini diutarakan dalam webinar yang diprakarsai sejumlah aktivis pegiat hak asasi manusia, seperti Amnesty International, Greenpeace Indonesia, dan transparency international, selasa (8/6/2021)

Share:

Baca Juga

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Terbukti Langgar Etik Berat

Redaksi | Senin, 30 Agustus 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 3 =