Rabu , 16 Juni 2021 ~ 21:27 GMT+0700
Beranda / Figur News / Presiden Jokowi, Vietnam Merupakan Sahabat dan Mitra Strategis Indonesia Di Kawasan Asia Tenggar
Foto: Presiden Jokowi  melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinch di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (23/4/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi, Vietnam Merupakan Sahabat dan Mitra Strategis Indonesia Di Kawasan Asia Tenggar

Redaksi | Jumat, 23 April 2021

JAKARTA, Figurindonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh di Istana Bogor pada Jumat (23/4/21).

Kunjungan Perdana Menteri Vietnam bertujuan untuk menghadiri ASEAN Leaders Meeting (ALM) terkait situasi Myanmar di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu (24/4).

Dalam pertemuan bilateral, Jokowi mendorong dipercepatnya perundingan perbatasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) kedua negara.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, perundingan tersebut telah berlangsung selama 11 tahun dan belum mencapai penyelesaian.

“Presiden menyarankan agar tim teknis kedua negara dapat segera berunding kembali dan menyelesaikan negosiasi,” ujar Retno dalam keterangan persnya seusai pertemuan.

Retno menyebut, Jokowi menekankan pentingnya penyelesaian perundingan tersebut untuk memberikan kejelasan mengenai wilayah ZEE masing-masing, sehingga dapat mengurangi insiden kapal-kapal nelayan.

“Serta menekankan pentingnya klaim ZEE batas negara harus diselesaikan berdasarkan hukum internasional, yaitu UNCLOS 1982,” tambah dia.

Selain membahas perundingan perbatasan, Jokowi juga mendorong agar Vietnam dan Indonesia dapat memperkuat kerja sama kesehatan dan ekonomi untuk sama-sama keluar dari pandemi Covid-19.

Jokowi juga terlebih dulu menyampaikan ucapan selamatnya kepada Pham Minh Chinh yang baru saja dilantik sebagai Perdana Menteri Vietnam pada 5 April lalu. Dan Vietnam sendiri merupakan sahabat dan mitra strategis Indonesia di kawasan Asia Tenggar

Share:

Baca Juga

Jadwal Pendaftaran CPNS 31 Mei sampai 21 Juni 2021

Redaksi | Minggu 16 Mei 2021. JAKARTA, Figurindonesia.com – Bagi Anda yang akan mendaftar seleksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *