Jumat , 17 September 2021 ~ 07:20 GMT+0700
Beranda / Figur News / PPKM Darurat Diperpanjang, Jokowi: Anggaran perlindungan sosial ditambah Rp 55,21 T
Presiden Jokowi di sela penyampaian PPKM Darurat Diperpanjang dan berjanji akan melonggarkan aturan PPKM Darurat jika angka kasus Covid-19 menurun. Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden. Selasa, 20/7/2021)

PPKM Darurat Diperpanjang, Jokowi: Anggaran perlindungan sosial ditambah Rp 55,21 T

Redaksi | Selasa, 20 Juli 2021 | Jam 21:05 WIB.

JAKARTA, Figurindonesia.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memutuskan untuk melanjutkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga tanggal 25 Juli mendatang.

PPKM Darurat yang dimulai sejak 3 Juli 2021, menurut Jokowi adalah kebijakan yang tidak dapat dihindari, yang harus diambil pemerintah meskipun sangat berat.

“Kebijakan ini dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di Rumah Sakit,” ujar Jokowi dalam konferensi pers melalui akun youtube Setkab, Selasa (20/7).

Jokowi meminta semua bisa bekerjasama dan bahu membahu untuk melaksanakan PPKM ini, dengan harapan kasus akan segera turun dan tekanan kepada rumah sakit juga menurun.

Di antaranya dengan meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan dan melakukan isolasi terhadap yang bergejala dan memberikan pengobatan sedini mungkin, dan Pemerintah akan terus membagikan paket obat gratis untuk orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan yang direncanakan sejumlah 2 juta paket.

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, Pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp 55,21 triliun, berupa: bantuan tunai, bantuan sembako, bantuan kuota internet, dan subsidi listrik.

Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar Rp 1,2 juta untuk sekitar Rp 1 juta Usaha Mikro.

“Saya sudah memerintahkan kepada para Menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak,” ujarnya.

Karena itu, jika tren kasus Covid-19 terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, seluruh komponen bangsa, untuk bersatu padu melawan Covid-19 ini. Dengan usaha keras kita bersama, Insya Allah kita bisa segera terbebas dari Covid-19, dan kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” pungkasnya.

Share:

Baca Juga

Simak! Daftar Sektor Esential dan Kritikal Selama PPKM Darurat

Redaksi | Rabu 7 Juli 2021 Berikut aturan Work From Home (WFH) dan Work From …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 2 =